Jumat, 29 Januari 2016

Customer Service Telkomsel, Mengatakan SSH itu Ilegal

Kemarin ada seorang sysadmin yang menanyakan ke Customer service Telkomsel via Twitter, alamat twitter Telkomsel disini @Telkomsel, Dia bertanya kenapa login ke server nya via SSH menggunakan internet di kartu Halo nya di blokir oleh telkomsel. Dan apa yang di jawab oleh admin CS telkomsel, mereka mengatakan bahwa SSH itu ilegal, jadi tidak bisa menggunakan SSh untuk Login ke server nya sysadmin ini. Di sini mungkin CS telkomsel ini mengira bahwa SSh itu ilegal karena di gunakan untuk internet gratis, entah CS ini tahu atau tidak bahwa SSh ini sejati nya di gunakan untuk mengremote server menggunakan port 22 ini. dan sudah di jelaskan oleh sysadmin ini bahwa dia mau login ke server nya via SSH tapi tetap saja CS telkomsel ini ngotot mengatakan bahwa SSH itu ilegal, lagi-lagi CS telkomsel tidak tahu apa itu SSH sungguh di sayangkan.










Menurut saya ini sungguh di sayang kan, bahwa perusahan sebesar telkomsel yang milik pemerintah, tapi anak buah nya tidak tahu apa itu SSH,untuk yang belum tahu apa itu SSh bisa dibaca di sini wikipedia di sini, ssh itu menggunakan Port 22, misal nya kita mau login ke server kita, bisa kita menggunakan SSH contoh ini gambar  SSh  

Semoga kedepan nya tidak ada kejadian seperti ini, memang walaupun keliatan sepele tapi ini tidak boleh dibiarkan, masa  menjadi CS telkomsel yang sudah pasti berhubungan dengan jaringan tidak mengerti soal ini. 






1 komentar: